OLEH-OLEH JAKARTA BIJI KETAPANG

OLEH-OLEH JAKARTA BIJI KETAPANG

Biji ketapang atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue biji ketapang merupakan makanan khas betawi yang wajib ada disetiap rumah dalam hari perayaan besar atau lainnya. Dengan rasa yang manis dan renyah yang terkandung banyak karbohidrat dan proteinnya. Bahan-bahan yang kami gunakan dalam pembuatan kue biji ketapang ini adalah:

  • Tepung terigu
  • Telur
  • Gula pasir
  • Santan kelapa
  • Margarine
  • Garam
  • Minyak goreng disesuaikan dengan wajan yang digunakan untuk menggoreng

Semua bahan yang kami gunakan memiliki kualitas yang bagus sehingga akan menciptakan kue biji ketapang ini manis, empuk dan renyah. Kue legendaris ini tidak terkikis oleh waktu dan jaman lho,hehe. Meski begitu banyak kue kering yang tercipta kue biji ketapang ini tetaplah yang banyak diminati masyarakat khususnya orang-orang betawi. Kue biji ketapang ini bukan berarti dari buah biji ketapang yah (ribet donk metik dulu,hehe). Mengenal tanaman ketapang, tanaman ini hidup subur besar, daunnya rimba dan lebar, cabang pohon ketapang sndiri mendatar,buahnya sendiri kecil-kecil dan rasa bijinya seperti almond, tidak jarang banyak orang yang memakannya karena rasa biji tersebut yang menyerupai almond, pohon inipun banyak tumbuh dipinggir-pinggir jalan. Selain itu pohon ketapang banyak pula yang menjadikannya sebagai peneduh karna daunnya yang lebar. Nah, asal muasal kue biji ketapang karena banyaknya pohon-pohon ketapang dijalan, terciptalah kue biji ketapang yang bentuknya menyerupai buah ketapang tersebut.

Jakarta yang sering disebut betawi mempunyai kue-kue khas tradisional yang dahulunya masyarakat betawi telah menciptakannya, ternyata masyarakat betawi bukan hanya pintar dalam pecak silat, beradu pantun namun masyarakatnya juag pintar dalam menciptakan aneka kue-kue kering. Walau begitu banyak aneka kue kering maupun basah namun tidak bisa dipungkiri salah satu kue kering ini si biji ketapang yang masih sering diminati. Dan kita ketahui masyarakat betawinyapun sudah banyak yang tergusur akibat pembangunan-pembangunan,namun kue biji ketapang ini masih legendaris. Ditambah dengan banyaknya penduduk luar daerah yang penasaran dengan rasanya tetapi sulit menemukannya,maka Kue kering tradisional ini kami buat dengan tidak merubah rasa dan bentuk dari keasliannya. Dikarenakan banyaknya kue biji ketapang yang marak beredar dengan banyak variasi rasa mulai dari keju dan sebagainya, namun bahan-bahan yang digunakan tetap sama hanya saja menambahkan bahan tambahan. Dalam kemasannyapun kami hadirkan dalam toples dengan berat 400gr. Kue biji ketapang yang kami buat tanpa bahan pengawet sehingga bertahan dalam dua bulan. Pengolahannya kue ini terlihat mudah namun dibutuhkan ketelitian karena jika semua bahan tidak sesuai dengan takaran terkadang kue ini akan menjadi keras tanpa renyah atau sebaliknya empuk tanpa renyah. Dikarenakan kue biji ketapang yang sult ditemukan, kami telah hadirkan kue kering legendaries ini dioleh-oleh Jakarta selatan dan juga kami hadirkan di oleh-oleh Jakarta pusat.

Tentang kue biji ketapang ini kami kenalkan kepada masyarakat daerah yang belum begitu mengenalnya, dengan kami hadirkan pula secara online sehingga memudahkan para konsumen yang ingin mendapatkannya melalui oleh-oleh Jakarta online. Selain sebagai teman ngopi dan ngeteh, kue biji ketapang ini juga dijadikan hantaran ke sanak keluarga,kerabat dan lain-lain. Bahkan banyak pula yang menjadikan kue biji ketapang ini sebagai oleh-oleh Jakarta kekinian. Kue biji ketapang juga banyak mengandung gizi dan proteinnya salah satu dari bahan-bahan kue biji ketapang adalah telur, telur yang memiliki senyawa aktif yang sangat berkhasiat untuk kulit didalamnya mengandung vitamin A,vitamin B6,Vitamin E. Lalu tepung terigu mempunyai kandungan protein yang berbentuk gluten yang sangat berperan dalam kekenyalan mkanan tersebut, sedangkan vitamin yang dimiliki tepung terigu adalah vitamin A, vitamin B1 serta mengandung energi sebesar 365 kilo kalori. Margarine juga mempunyai kandugan vitamin A, vitamin C dan kalsium. Walaupun kue biji ketapang ini diolah dengan digoreng namun kue tradisional ini kering dan didalam toples serta dipegang karena kami menggunakan proses penyaringan,sehingga tidak mengandung minyak yang berlebih dan rasa renyah tetap terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.