OLEH-OLEH JAKARTA DODOL

OLEH-OLEH JAKARTA DODOL

Dodol merupakan panganan khas betawi yang manis serta mempunyai tekstur yang kenyal. Dodol yang kami produksi ini sangat bermutu dan berkualitas tinggi karena kami sangat mengutamakan kebutuhan para konsumen. Adapun bahan-bahan yang kami gunakan dalam pengkomposisian adalah santan kelapa, gula pasir, gula merah serta garam dan kami sebut dengan dodol ORIGINAL. Selain itu kami juga memproduksi dodol dengan rasa DURIAN dengan bahan tambahan durian dan kami sebut dodol rasa durian, wow lebih mancap kan eh mantab,hihihiii.

Dalam proses pengolahannyapun kami memerlukan tenaga yang ahli dalam bidangnya karena membutuhkan ketelitian dalam pengadukannya dan dalam mengelolah dodol ini kami juga membutuhkan waktu yang lama agar terjamin sebuah rasa dan kekenyalan dalam dodol kami. Bersahabat, itulah dodol kami karena dari harga dan ukuran yang bersahabat yang mudah didapatkan oleh bermacam khalayak. Tidak hanya itu saja, dodol yang kami buat tidak menggunakan bahan pengawet sedikitpun, dengan daya tahan 10 hari terhitung dari selesai pembuatan. Bentuk dodol yang kami produksi ini persegi panjang kurang lebih sekitar 15cm yang kami bungkus dengan plastik dan tentunya tidak ketinggalan dengan stiker lucu kami yaitu mpok Romlah,,yuhuuuu!!!

Kendati sekarang ini dodol telah populer dimana-mana yang menjadikan makanan khas daerahnya masing-masing. nah, dodol betawi ini mempunyai cita rasa dari segi tekstur kelenturan atau kekenyalannya serta rasa manisnya yang benar-benar terbuat dari gula pasir dan gula merah serta buah asli untuk rasa dodol durian. Oleh-oleh Jakarta selatan, Yah dodol kami bisa mudah didapat di Jakarta selatan dan yang pasti berbeda dengan dodol khas Garut dan Bali yang pasti mempunyai rasa khas masing-masing. Untuk bahan bakunyapun kami sangat memperhatikan agar memperoleh standar mutu karena bahan baku yang memenuhi standar menjamin pula mutu serta kualitas dari bentuk serta rasa dodol tersebut, begitu juga untuk dodol rasa buah dari kematangan buahnya pun kami sangat meperhatikannya, karena buah yang matang dan harum akan kuat dalam aromanya.

Dalam pengadukannya tidak sembarangan karena dari semua bahan baku yang dicampur harus rata dalam pematangannya. Dalam pengadukan atau proses pembuatan dodol diutamakan adalah pria karena semakin banyak untuk memproduksikan dodol tersebut, semakin berat pula pengadukannya. Dijaman modern sekarang inipun dodol termasuk panganan yang masih terus diminati oleh banyak khayalak dari untuk Hari raya besar, pengajian ataupun acara-acara lainnya. Oleh karena itu banyak dari industri besar atau industri rumahan yg membuat panganan satu ini, tidak ketinggalan juga banyak pula ibu rumah tangga yang penasaran ingin mencoba membuat panganan ini, mereka mencoba membuatnya sendiri tetapi karena cara dalam mengelolah panganan ini sedikit sulit dan perlu tenaga ekstra dan membutuhkan waktu berjam-jam maka mayoritas lebih memesan atau membelinya secara langsung atau melalui oleh-oleh Jakarta online.

Dengan rasa dodol betawi yang khas ini, banyak para konsumen luar Jakarta yang penasaran dengan rasanya. Dari itu kami menjual bukan hanya offline tetapi juga hadir dalam online agar lebih
mengikuti perkembangan jaman. Para konsumen sekarang juga bukan hanya dikonsumsi untuk sendiri tetapi juga terkadang dijadikan panganan satu ini sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk sanak keluarga,kerabat atau rekan kerja. Karena saking populernya panganan ini dijadikanlah oleh-oleh Jakarta kekinian yang bentuknya sekarang kekinian yang kami buat dengan persegi panjang, bukan berarti dodol dalam wadah jaring yang biasa kita jumpai sudah tidak ada hanya saja kami membentuk seperti ini agar mudah dibawa dan lebih simple bagi yang engga mau ribet. Selain rasanya yang lezat dan nikmat serta teksturnya yang unik karena kekenyalannya, dodol juga merupakan panganan yang kaya dengan karbohidrat, protein dan gula. Banyak yang bertanya apakah dalam pengadukan yang lama semua karbohidrat, protein,gula serta mineralnya akan rusak. Menurut sumber informasi gizi dan sumber lainnya ‘’ pengadukan yang lama tidak merusak semua nutrisi atau gizi yang terkandung dalam dodol itu dikarenakan dalam pemasakan yang menggunakan kayu’’.

Leave a Reply

Your email address will not be published.