Berita Satu: Langkah Mpok Romlah Bangkitkan Kembali Budaya Betawi

Berita Satu: Langkah Mpok Romlah Bangkitkan Kembali Budaya Betawi

Jakarta – Menemukan oleh-oleh khas Betawi saat ini terbilang tidaklah mudah untuk didapatkan, meskipun Anda tengah berada di tempat asalnya, Jakarta. Hal itu berbeda dengan daerah lainnya, yang menyediakan cukup banyak buah tangan untuk kalangan wisatawan.

Mencermati kondisi tersebut, Mpok Romlah berinisiatif menggandeng kalangan pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk bekerja sama dalam membangkitkan dan melestarikan budaya asli masyarakat Betawi, dengan membuka toko oleh-oleh khas Jakarta.

Hilda Jayanti, Manajer toko Mpok Romlah, mengatakan, toko ini berdiri di tahun 2015 atau sejak 3 tahun lalu. Saat ini, pihaknya telah merangkul 25 UKM Betawi serta menghasilkan 80 produk, mulai dari makanan, minuman hingga souvenir khas Jakarta.

“Mulai berdiri tahun 2015, saat ini Mpok Romlah telah bekerja sama dengan 25 pelaku UKM Betawi. Kami saat ini memiliki dua toko di Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel), dan Harmoni, Jakarta Pusat (Jakpus),” jelas Hilda di toko Mpok Romlah Pasar Minggu, Jaksel, Minggu (18/2).

Hilda mengatakan, produk paling banyak digemari konsumen Mpok Romlah adalah Biji Ketapang yang dijual dengan harga Rp 32.000, Akar Kelapa Rp 28.000, Kembang Goyang Rp 33.000, Dodol Betawi Rp 15.000, Geplak Betawi Rp 29.000 dan Kue Satu Rp 45.000.

“Selain membuka toko konvensional, Mpok Romlah juga memasarkan oleh-oleh khas Betawi melalui online shops atau toko online serta lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram,” tambahnya.

Sumber: http://www.beritasatu.com/saujana/479106-langkah-mpok-romlah-bangkitkan-kembali-budaya-betawi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.